Mencari Sesuatu?

Google
 

Minggu, 15 Juni 2008

Sistem Reservasi Batavia EDI 2

Sambungan dari bagian 1

Sekarang kita akan lanjutkan ke langkah-langkah proses booking di sistem EDI. Proses booking terdiri dari 4 Langkah, yaitu :

Route Select -> Flight Detail -> Pax Information -> Booking Done

Kita mulai dari langkah pertama.
1. Flight Select


Photobucket

Pada gambar diatas disebelah kiri terdapat kolom rute, tanggal berangkat dan jumlah penumpang. Kita tinggal memilih sesuai keinginan penumpang, setelah selesai klik tombol cari penerbangan! Setelah itu akan masuk halaman yang berisi hasil dari pencarian tadi, akan tampil flight no, jam terbang, kelas yang tersedia beserta jumlah seatnya. Disetiap sub-class terdapat harga dasar sub-class tersebut, harga ini belum termasuk pajak-pajak. Kita tinggal memberi tanda cek pada kelas yang dikehendaki yang jumlahnya sesuai dengan jumlah penumpang yang akan terbang. setelah itu ke langkah berikutnya.

2. Flight Detail

Photobucket

Halaman ini berisi detail penerbangan, jumlah penumpang dan total harga yang harus dibayar penumpang, harga disini sudah termasuk pajak-pajak yang harus dibayarkan. Jika penumpang setuju dengan harga tersebut maka kita tinggal memberi tanda cek pada tulisan setuju dengan ketentuan.... dan kelangkah selanjutnya

3. Pax Information

Photobucket

Pada halaman ini kita masukkan nama penumpang, nomor kartu identitas, nomor telepon dan permintaan khusus dari penumpang semisal kursi roda dan lainnya. Perlu diingat bahwa Batavia menuntut agar travel agent memasukkan nomor identitas penumpang ynag berlaku, semisal KTP, untuk mempermudah proses chek in. Selanjutnya akan kelangkah terakhir pada booking.

4. Booking Done

Photobucket

Halaman ini menampilkan hasil dari bookingan yang telah kita lakukan tadi. Pada bagian atas terdapat kode booking (PNR) dan time limit untuk reservasi ini. Sementara di bagian bawah terdapat pilihan untuk ke proses tiketing jika penumpang ingin langsung mencetak tiketnya.

Bersambung

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Mas Agung...
lanjutin lagi dong cara² yang masih bersambung...
khususnya yang batavia sama abacus...
kalo bisa tambahin tentang Gabriel-nya Sriwijaya...
hhe*...^^
tulisan ini penting buat saya soalnya saya masih training dari sekolah....
thank's b4....

ari asri mengatakan...

iya nihh mas agus, ayoo semangattt ilmu nya masi dibutuhin kita2 lho. ditunggu karya lanjutannya.