Mencari Sesuatu?

Google
 

Kamis, 28 Juni 2007

Sekilas Tentang Batavia Air

Batavia Air dengan nama resmi PT. Metro Batavia adalah salah satu low cost carrier di Indonesia yang berbasis di Jakarta. Pertama kali beroperasi di bulan Januari 2002, dengan sebuah pesawat Fokker F28 yang di leased dari Sempati Air dan dua buah pesawat Boeing 737-200. Rute penerbangan pertama yang diluncurkan waktu itu adalah Jakarta – Pontianak. Tokoh yang berada dibelakang berdirinya perusahaan ini adalah Yudiawan Tansari. Saat ini Batavia Air memiliki jumlah total armada pesawat 31 buah yang terdiri dari 2 pesawat Airbus A319-100, 2 pesawat Airbus A320-200, 11 pesawat Boeing 737-200, 11 pesawat Boeing 737-300, 4 pesawat Boeing 737-400 dan 1 pesawat Fokker F28.


Rute penerbangan domestik yang dilayani oleh Batavia Air adalah: Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Biak, Denpasar, Jakarta, Jambi, Jayapura, Kupang, Kendari, Manado, Mataram, Manado, Manokwari, Medan, Padang, Palembang, Pangkal Pinang, Palangkaraya, Palu, Pekanbaru, Pontianak, Semarang, Surabaya, Tarakan, Tanjung Pandan, Ujung Pandang, dan Jogjakarta. Sedangkan rute penerbangan Internasionalnya adalah Guangzhou-Cina dan Kuching-Malaysia.

Alamat Kantor Pusat:
Jl. Ir. H. Juanda No. 15 Jakarta Pusat 10120
Telp. (021) 386 4308, 388 4338
Fax. (021) 386 4486
Website :http://www.batavia-air.co.id/

Sumber: Wikipedia dan Batavia Air

Bacaan Selanjutnya:
Sistem Reservasi Batavia-SABRE 1
Sistem Reservasi Batavia-SABRE 2

Jumat, 22 Juni 2007

Reservasi Adam-SkyNet (2)

Sambungan dari bagian 1
Memodifikasi PNR (Advance Reservation)

PNR yang telah dibuat dapat saja diubah menjadi konfirm dan di issue tiketnya atu bisa juga di cancel karena batal terbang, atau karena tercancel time limit dari system. Beberapa hal penting yaitu:


  • Membatalkan/cancel segmen penerbangan dengan perintah X(segmen penerbangan). Hanya dapat dilakukan satu per satu.
    Contoh: X1

  • Merubah status segmen dari HK menjadi RR dengan perintah .(no segmen)RR
    Contoh: .1RR

  • Menghapus time limit dengan perintah 8x

  • Input Nomer tiket dengan perintah 4-(nomor pax)S(nomor segmen)FTKNO(nomor tiket 13 digit). Memasukkannya satu per satu.
    Contoh: 4-1S1FTKNO0009120123456
    4-2S3FTKNO0009130789101

  • Memasukkan Form Of Payment dengan perintah MM

  • Mengakhiri transaksi dan langsung mengissued Paper Ticket dengan perintah EPT*R

  • Devide/Split PNR. Jika dalam 1 PNR terdapat lebih dari 1 penumpang, seumpama ada salah satu penumpang yang tidak jadi berangkat, maka penumpang tersebut dapat dipisahkan dari penumpang lainnya. Perintah untuk split adalah D(no penumpang yg akan di split)/
    Contoh: D3/

  • Memasukkan keterangan tambahan/remark menggunakan perintah 5**(pesan)
    Contoh: 5** KI plse corrname p1 shld be agus/budiono mr...thx

Hal Penting :
  • Pastikan Time limit sudah terhapus atau tidak ada ketika tiket di cetak.
  • Adam sering kali membatalkan penerbangannya yang load factor-nya kurang dari 75%. Oleh sebab itu jika anda melihat disistem suatu penerbangan seatnya penuh semua segera konfirmasi ke ada, apakah penerbangan itu memang benar full booked atau penerbangannya di cancel.
  • Beri alternatif jika penerbangan di cancel oleh adam, biasanya adam memberikan kemudahan untuk full refund.
  • Hampir semua airlines sering mengkoreksi time limit yang telah diberikan agen pada PNR, dan sering kali tanpa konfirmasi. Jika anda melihat time limit dalam PNR yang anda handle dirubah oleh RC(Reservation Control) maka segera informasikan ke penumpang.

Rabu, 20 Juni 2007

Reservasi Adam-SkyNet (1)

Saya pikir ketika mendengar kata-kata “SkyNet” pikiran kita membayangkan sebuah sistem komputer yang sangat canggih yang sudah menghancurkan dunia dalam film Terminator. Yang akan kita bahas disini adalah sistem reservasi Adam Air yang tidak ada hubungannya dengan cerita di atas. Berikut bentuk tampilan Adam- SkyNet.

Tampilan sistem Adam-SkynetTampilan sistem Adam-Skynet




Perintah-perintah dasar (Basic) dalam sistem reservasi Adam-SkyNet



  • Sign In / Sign Out : untuk dapat mengakses sistem diharuskan untuk sign in terlebih dahulu, setelah selesai menggunakan sistem user dapat sign out

  • Contoh Sign in: BSIA1234AB/CD¿

  • Contoh Sign out: BSOX¿


  • A : Availability seat, menampilkan ketersediaan kursi, rumus: A(tglbln)(rute)

  • Contoh: A19JUNJOGCGK¿
A23AUGMESSUB¿

  • N : Need seat, mengambil kursi, rumus N(jml pax)(class)(flight segmen)
    Contoh: N2K1¿

N1KN3¿


  • Memasukkan nama pax, menggunakan tanda (nama pax)
    Contoh: -SURYO/BASKORO MR¿
    -2BUDIONO/MR/JANET MRS¿
    -APRILIA/MISS.CH5¿(chd 5 th)
    -BRIAN/MSTR.IN23¿(inf 23 bl)

  • Memasukkan nomor telepon atau alamat, dengan rumus 9
    Contoh: 9T*JOG/0274-TURINDO CO AGUNG¿
    9P*08174116130-M CO PAX¿
    9H*JKT/021-74232663¿
    9A*BCA CAB KATAMSO¿

  • Memasukkan time limit, dengan rumus 8C/(jam)/(tglbln) Contoh: 8C/1200/6JUL¿

  • Menampilkan harga tiket dengan perintah FG¿

  • Memilih harga yang sudah ditampilkan dengan perintah FS1¿

  • End Of Transaction (EOT) dengan perintah E*R¿

  • Setelah EOT akan muncul kode locator (kode booking terdiri dari 6 karakter)

  • Retrieve PNR atau mencari PNR bisa dengan beberapa cara

    • Melalui kode locator atau kode booking dengan rumus *(kodebooking) Contoh: *ABCDEF¿

    • Melalui nama penumpang, dengan rumus SP(namapax) Contoh: SPBAMBANG¿

    • Melalui nama penumpang dan tanggal terbang dengan rumus S*(namapax)/(tglterbang)Contoh: S*BAMBANG/23JUN¿

    • Melalui list penumpang pada penerbangan tertentu dengan perintah LCKI(no penerbangan)/(tgl) Contoh: LCKI123/5SEP¿




Bersambung ke bagian 2

Sekilas Tentang Adam Air

Adam Air, dengan nama resmi PT. Adam SkyConnection Airlines, pertama kali beroperasi pada Desember 2003. Pimpinan tertingginya adalah Adam Aditya Suherman, sekaligus sebagai CEO, dipercaya nama penerbangan ini diambil dari nama pendirinya. Airline ini berbasis utama di bandara Sukarno-Hatta Cengakreng. Adam air merupakan salah satu perusahaan penerbangan berbiaya rendah atau low cost carrier yang berkembang pesat di Indonesia.


Pada saat pertama kali beroperasi, Adam air hanya memiliki 2 pesawat berjenis Boeing 737. Sampai saat ini jumlah total pesawat yang dimiliki sekitar 21 buah terdiri dari 6 buah Boeing 737-200, 7 buah Boeing 737-300, 7 buah Boeing 737-400, dan 1 buah Boeing 737-500. Adam air juga berencana meremajakan pesawat yang dioperasikannya dengan memesan beberapa pesawat Airbus A320 dan Boeing 737-800/900 dalam kurun waktu 5 tahun


Rute-rute penerbangan domestik yang dilayani Adam Air antara lain: Balikpapan , Banda Aceh, Banjarmasin, Denpasar, Jakarta, Jambi, Lampung, Medan, Padang, Palembang, Pangkal Pinang, Bengkulu, Solo, Pekanbaru, Pontianak, Mataram, Semarang, Surabaya, Ujung Pandang, Manado dan Yogyakarta. Rute-rute penerbangan internasional yang dilayani adalah dari Medan - Penang dan Jakarta - Singapura.


Alamat Kantor Pusat:
Jalan Gedong Panjang Raya No. 28 Jakarta 11240
Indonesia Telp : (62-21) 691 7540
Fax : (62-21) 692 7071
Website:http://www.flyadamair.com/

Sumber: wikipedia

Bacaan Berikutnya:

3 Letter Code City Domestik


IATA telah menentukan juga kode untuk kota-kota. Kode ini terdiri dari 3 huruf. Untuk kota-kota di Indonesia daftar sebagiannya dapat dilihat di tabel berikut ini:









*AG

Alfabet Dalam Komunikasi Telepon

Dalam komunikasi telepon sering kali terjadi kesalahan dalam menyebutkan nama. Untuk memudahkan penyebutan nama, kode booking dan mencegah
kesalahan, digunakan penyebutan perhuruf, berikut daftar huruf dan
penyebutannya. Ini harus dihafal:


A = ALPHA


B = BRAVO


C = CHARLIE


D = DELTA


E = ECHO


F = FOXTROT/FANTA


G = GOLF


H = HOTEL


I = INDIA


J = JULIETE


K = KILO


L = LIMA/LONDON


M = MAMA


N = NENCY


O = OSCAR


P = PAPA


Q = QUEBEC


R = ROMEO


S = SIERRA


T = TANGGO


U = ULTRA


V = VICTOR


W = WISKY


X = XTRAY


Y = YANKEE


Z = ZULU

Anda bisa mulai belajar menghafal penyebutan ini, misalnya
dengan menyebutkan nama anda sendiri. Saya rasa dengan terus berlatih, anda tidak akan menemukan kesulitan. *AG

Basic Dalam Reservasi

Beberapa istilah yang selalu digunakan dalam reservasi adalah:
PNR (Passanger Name Record), yaitu kumpulan informasi yang umumnya berisi nama penumpang, jadwal penerbangan, nomor local contact, time limit, dan kode booking.
Itinerary, yaitu informasi mengenai jadwal penerbangan yang berisi nomer penerbangan, tanggal dan jam penerbangan.
Local Contact, yaitu nomor telepon penumpang baik ditempat asal maupun di tempat tujuan, lebih diutamakan nomor Handphone.
Time Limit, batas waktu paling akhir untuk mengkonfirmasi sebuah reservasi. Umumnya pada jam 12.00 siang.
Kode Booking, umumnya terdiri dari 6 karakter. Bisa berupa campuran dari huruf dan angka, bisa juga berupa huruf semua (khusus untuk Lion/Wings dan Batavia, berupa huruf semua).
Pax, adalah istilah untuk menyebutkan penumpang.
Reconfirm, adalah istilah untuk merubah status reservasi yang masih booking menjadi pasti.


2 Letter Code Airlines Domestic
IATA (International Air Transport Association) telah menentukan setiap airlines di dunia memiliki kode tanda pengenal yang terdiri dari 2 karakter, dapat berupa campuran antara huruf dan angka, bisa juga huruf semua. Di Indonesia Airlines yang sudah terdaftar di IATA dan memiliki sistem reservasi online adalah:

Adam Air : KI
Air Asia : QZ (AWAIR) dan AK (AirAsia)
Batavia Air : 7P
Garuda Indonesia : GA
Lion Air/Wings Air : JT / IW
Mandala Airlines : RI
Merpati Nusantara : MZ
Sriwijaya Airlines : SJ

*AG

Mukadimah

Sudah kurang lebih 2 tahun saya bekerja di bidang reservasi dan tiketing airlines domestik. Sudah lumayan lama juga saya mengenal sistem reservasi yang digunakan airlines. Saat ini digunakan khususnya untuk Airlines Domestik adalah Sabre untuk Lion/Wings dan Batavia, Skynet untuk Adam, SkySpeed dan SkySale untuk Mandala, Gabriel untuk Sriwijaya, SkyAgent untuk AirAsia dan ARGA untuk Garuda dan Merpati. Dan ternyata bekerja sebagai staff reservasi dan tiketing cukup menarik. Setidaknya itu yang menyebabkan banyak muncul LPK yang mengajarkan topik ini, tentunya tidak gratis. Hal ini membuat saya tergerak untuk membagi pengetahuan yang saya miliki, yah itung-itung cari amal. Blog ini rencananya akan saya isi dengan panduan dan tutorial dalam menggunakan sistem reservasi airlines domestik yang beragam. Semoga saja bermanfaat bagi banyak pihak. Saran, kritik dan komentar bebas anda sampaikan kepada saya, lagi pula saya Open-Minded. So, have a nice day!*AG